Do and Don’t Dalam Fitur Web

Sudah awal tahun 2016, biasanya budget marketing mulai disusun dan diajukan ke Management

Salah satunya budget membuat Website. Website saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi para pengusaha. Bahkan untuk bisa ikut tender projek di Pemerintah, memiliki website adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi peserta tender.

Biasanya yang bikin biingung adalah menentukan fitur dan design website. Untuk yang memliki budget tentunya tidak masalah, karena tinggal menyewa web developer untuk membuatnya.

Membuat design website terkadang memang memusingkan, tidak hanya dari sisi design yang utama adalah sisi fitur. Apakah nanti akan sesuai dengan customer Anda, apakah customer Anda bisa langsung mengerti bisnis Anda.

Berikut adalah tips fitur apa yang harus ada, dan fitur apa yang tidak perlu

  1. Responsive

Tampilan website yang mobile responsive adalah salah satu fitur yang harus ada di website Anda.  Pengunjung bisa akses dimana dan kapan pun. Bukan berarti dengan tampilan desktop tidak bisa dilihat dimanapun. Akan tetapi tampilan moble responsive biasanya lebih simple  dan minimalis. Hal ini sesuai dengan user behaviour pengunjung, karena biasanya pengguna gadget adalah orang yang mobile dan tidak punya banyak waktu.

responsive website

Source ; http://www.slideshare.net/dewan-studio/aplikasi-sehat-jiwa-kemenkes-dewanstudio

2. Kontak Kami.

Halaman ini pasti selalu ada disemua fitur website, sayangnya tidak semua pemilik website memaksimalkan halaman ini. Beberapa malah memasukkan kontak kami didalam halaman website. Dengan perkembangan dunia social media, terkadang fitur ini lebih diutamakan. Padalah websita adalah online marketing force kita, seharusnya halaman kontak dibuat sesimple agar orang bisa langsung “On Klik” to call Us

call to action kontak kami

Source ; http://www.rsmph.co.id/ design by http://www.dewanstudio.com

 

3.   Keunggulan atau Call To Action

Kita harus selalu menganggap pengunjung web kita adalah orang yang tidak mengenal product kita. Sehingga sangat perlu kita membuat dan menunjukkan value dari product kita. Kita juga harus jelas menunjukkan bagaimana kita ingin visitor kita bereaksi. Apakah kita butuh agar mereka subscribe email? Apakah kita mau mereka langsung menghubungi tim sales kita? Apakah kita ingin mereka langsung chat ke kita?

banner dewanstudio web design

source http://www.dewanstudio.com

 

Nah kalo fitur yang tidak perlu ada adalah

  1. Harus ada link social media.

Setuju bahwa social media bisa menjadi salah satu tools marketing online. Tapi perlu atau tidaknya dimasukkan kedalam halaman pertama website seperti harus dipertimbangkan lagi. Link ini terkadang tidak memberikan efek apa pun, malah akan menjadi bumerang buat kita apabila akun social media tidak dikelola dengan baik. Perlu tidaknya sebaiknya disesuaikan dengan target customer

  1. Testimonial

Hampir  customer tidak selalu bisa menemukan value di halaman testimonial, apalagi setiap testimonial tentunya akan selalu memberikan feed back positif. Testimonial belum terbukti bisa meningkatkan traffic. Jadi daripada bersusah payah membuat testimonial lebih baik memikirkan konteks kontent yang bisa membuat traffic website Anda meningkat

Ok deh…tapi sekali lagi kita harus tahu siapa customer dan informasi apa yang mau disampaikan supaya traffic website kita bagus

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s