APAKAH ANDA SUDAH SIAP MEMULAI BISNIS ?

Sering kita membaca atau mendengar berita Start up “ X” di funding oleh “ Y”, atau membaca wawancara para founder start up yang sukses menjalankan bisnisnya. Seperti kita mampu deh apabila melihat teori-teori, atau mungkin kita percaya diri karena kita punya kemampuan lebih. Tapi seyakin apapun kita pada saat memulai pasti ada sebersit keraguan. Bisakah? Tepatkah bisnis ini? Bagaimana bila nanti gagal? Haruskah sy keluar dari pekerjaan tetap saya untuk sesuatu yang belum pasti?…dan masih banyak keraguan yang ada.

Semakin banyak keraguan akan semakin membuat kita takut melangkah. Nah sebelum kita memulai bisnis..coba deh tanya dirimu sendiri hal-hal dibawah ini

  1. Kenapa kamu mau masuk ke zona perlombaan bisnis ini?

Pernah kah Kamu ikut perlombaan lari 5K, 10 K atau marathon?  Ketika memulai keihatannya fun, seru apalagi bisa dapat gimmick bagus-bagus . Tapi ditengah perjalanan kamu akan merasakan capek, lelah, haus, khawatir tidak akan sampai ke garis finish, atau bahkan pingsan 🙂

 

run for success

source : google

Buat mereka yang ikut lari karena ikut-ikutan atau tidak punya tujuan , pasti ditengah jalan akan menyerah. Tapi buat mereka yang punya tujuan mencapai garis lurus, tak peduli rasa lelah, haus dan capek , mind set kita akan fokus menuju garis finish. Karena begitu  kaki kita sudah tidak mau melangkah, tekad dan fokus kita yang akan membawa sampai ke garis finish.

Yes, bisnis seperti ikut lomba lari berbagai halangan dan rintangan pasti ada belum lagi para kompetitor yang ada. Terkadang kita lari cepat, terkadang kita terpaksa berjalan saat rasa lelah datang. Tetapi ketika kekuatan terkumpul kembali kita akan mulai berlari sekuat tenaga.

 

2 .   Siapakah kompetitormu?

Saat   kita lari tentunya banyak peserta lain yang ada didepan kita. Lebih baik sebelum perlombaan kita sudah tau siapa meeka, bagaiman track record mereka.

Yes..in bisnis mengetahui siapa kompetitor  ki ta adalah “Wajib”. Bukan untuk menakuti tetapi sebagai benchmarking dan mencari tau bagaimana mereka sukses. Bagaimana mereka menjalankan bisnis. Bersahabat dengan mereka untuk bisa belajar lebih banyak.

Rezeki itu sudah ada jalannya,…it’s ok  koq bersahabat dengan kompetitor kita

 

3.    Apa yang kamu lakukan apabila tidak mencapai garis finish

Pemenang adalah mereka yang mencapai garis  finish pertama kali? Well saya tidak setuju. Kemenangan tidak selalu harus dibuktikan dengan angka, atau dengan revenue yang berjuta-juta. Define your own success. Apa arti kemenangan bagi kamu? Seandainya pun kita tidak mampu mencapai garis finish,  apa artinya kita gagal ? kita harus mempunya rencana what next?

 

garis finish

source : Google

 

 

Well sudah siap ikut lomba lari? Sudah siap masuk ke zone pertempuran bisnis? Step by step, little by little, with plan we will make it…but when? Is a mystery that every business owner have to find out

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s