Apa Makna Sebagai Seorang Momtrepreneur ?

Mendirikan perusahaan sendiri tidak semudah membalikkan telapak tangan, demikian juga didalam mengurus keluarga semua pasti setuju. Membangun salah satunya aja tidak mudah, apalagi membangun bisnis dan keluarga secara bersamaan.

Apakah pernah Anda bayangkan mulai dari jam 6 pagi memulai aktivitas dengan membantu kebutuhan anak, suami dan diri sendiri? Mulai dari mempersiapkan sarapan mereka, mempersiapkan bekal buat makan siang suami dan anak-anak, mempersiapkan perlengkapan sekolah dan kerja suami sampai diselangi berbicara atau sms ke klient untuk membuat janji temu . Pagi yang sangat sibuk dan ribet bukan?

Menjadi seorang entrepreneur kadang hanya mempunya waktu sedikit untuk makan malam bersama keluarga,  tidak memiliki kehidupan sosial, kurang tidur, dan tidak sempat berolah raga. Setiap hari dari mulai bangun tidur Kita harus mencari cara untuk bisa membuat semua balance.

Menemukan keseimbangan antara Entrepreneur dan keluarga membutuhkan komitmen  . Bahkan untuk seorang Ibu Rumah Tangga saja tetap membutuhkan keseimbangan dalam menjalankan tanggung jawabnya kepada keluarga dan rumah tangganya.

Menjadi seorang Momtrepreneur dibutuhkan juga skills dan kemampuan, seperti  pekerjaan yang multitasking, kemampuan cepat mengubah konteks komunikasi, effisiensi , hiper fokus, managemen waktu, dan komunikasi yang transparant dan tentu saja kemampuan untuk bisa memanfaatkan waktu tidur yang berkualitas diantara sisa waktu

Skills dan kemampuan yang dimiliki Momtreprenuer juga secara dasar harus dimiliki oleh Kaum Adam. Namun bedanya seorang Momtreprenuer tidak ada pilihan, karena pilihannya antara bisnis dan keluarga. Jadi Momtrepreneur harus dan wajib mempunyai skill kemampuan tersebut.

Di dunia bisnis, ternyata respect orang terhadap Momtrepreneur sangat tinggi apalagi yang sukses dalam bisnis dan keluarga.

Dibawah ini ada tips simple  untuk menjadi  Momtrepreneur

  1. “ Don’t Let inexperience stop you “.

Pemikiran pertama dan keraguan pertama yang selalu timbul dalam diri semua Ibu saat memulai bisnis adalah ..” Could I ?”…. “What If i’am failed?”,……” I have no experience”.

Namun seperti halnya pepatah lama “ Dimana ada kemauan pasti ada jalan”. Untuk memulai sesuatu yang baru tentunya sulit , selalu timbul banyak pertanyaan dan keraguan. Cara yang paling mudah adalah list semua masalah dan urutan berdasarkan prioritas. Mulai bikin langkah-langkah dan rencana untuk setiap list satu persatu  dan jangan lupa bekali diri dengan ilmu dan memperbanyak networking. Cari tau cerita sukses pengusaha lain dan belajar dari pengalaman mereka.

 

  1. “ Be Dicipline in your relationship with time “.

Buat frame waktu antara bisnis dan keluarga. Apabila pagi adalah waktunya dengan keluarga manfaatkan dengan maksimal.  Mungkin percakapan saat sarapan atau saat mengantar mereka ke sekolah dan saat makan malam.

Apabila saatnya bisnis gunakan secara maksimal dan komitmen. Temukan waktumu dan prioritasmu and be commit with it

  1. “ Don’t give up in the face of challenges”.

Rasa lelah , tidak bisa membagi waktu, tidak bisa menentukan prioritas,frustasi bukan hal aneh yang sering dirasakan Momtrepreneur.  Bagaimana cara meningkatkan semangat disaat rasa frustasi datang? Bergabunglah dengan komunitas pengusaha ataupun komunitas lain yang bisa memberikan motivasi dan lingkungan konduktif. Terkadang berada didalam lingkungan yang positif akan membuat Kita jadi mempunyai solusi atau bahkan bisa ada kesempatan kerjasama baru dengan mereka.

  1. “ Be Kind to your self”.

Diantara kesibukan bisnis dan keluarga, penting bagi para Momtrepreneur untuk mempunyai “ Me Time”. Saat dimana Momtrepreneur bisa sekedar bernafas tanpa ada beban.

momtrepreneur dewanstudio

“ Enjoy your mom entrepreneur life, wear the tittle proudly.We are basically super heros “.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s