Gagal Sebagai Entrepreneur? Ini alasannya..

Menjadi pengusaha sukses adalah impian besar semua pemilik bisnis. Harapan pada memiliki passive income tanpa harus berkerja keras, memiliki gedung megah, jalan-jalan keluar negeri, 100 karyawan adalah ekpektasi setiap orang yang akan memulai bisnis sendiri.

Namun kenyataannya tidak semudah itu, tidak semua entrepreneur mendapatkan apa yang diinginkan menjadi pengusaha yang sukses.

Sebenarnya apa yang membedakan antara sukses tidaknya seorang pengusaha? Kalo dilihat dari faktor X seperti takdir, sudah punya warisan bisnis dari keluarga 7 turunan, bakal…wah akan susah parameter penilaiannya. Namun taukah Kalian, bahwa ada hal yang lebih penting daripada faktor X tersebut ? Bahkan walaupun seseorang sudah ditakdirkan hanya tinggal menjalankan bisnis yang sudah sukses yang diturunkan dari kakek atau ayahnya, apabila tidak mempunyai faktor ini maka belum bisa lebih sukses daripada pendahulunya. Faktor apa itu? Faktor “Mental” yang hanya terletak dan bergantung pada dirimu sendiri dan bagaimana sikapmu menghadapinya.

Nah, faktor mental bagaimana yang Kamu harus siap sebagai seorang pengusaha?

  1. You are afraid

you are afraid

Rasa takut pasti diawali saat mulai mengclaim dirinya sebagai pengusaha. Takut apabila gagal, takut apabila mengecewakan bisnis keluarga, takut menghadapi complain konsumen. Yang paling sering adalah merasa takut tidak bisa membagi waktu, merasa takut memiliki bakat bisnis, takut gagal dan banyak ketakutan yang lain.

Rasa takut ini bahkan bisa menjadi alasan kita tidak jadi masuk ke kancah perbisnisan.

Rasa takut adalah alami dan hal yang wajar, kadang dengan ketakutan bisa membuat kita menjadi lebih berhati-hati dan tidak over confident. Daripada menghindar dari rasa takut itu lebih baik rangkul dan bersahabat dengannya. Jadikan ketakutan itu sebagai awal kekuatan yang harus bisa diatas. Apabila kamu bisa mengatasi rasa takut, percaya deh suatu saat ketika kamu menghadapi masalah yang sulit, atau pelanggan yang marah-marah kamu akan tetap berfikir dengan jernih dan mencari solusi.

 

“ Never Let Your Fear Decide Your Future”

 

 

  1. You are give up

give up image

Terkadang didalam menjalankan usaha banyak masalah, kendala, kegagalan yang datang bergantian menguji kemampuan kita. Hanya mereka yang punya motivasi tinggi dan kemauan keras yang selalu bangkit kembali. Hanya mereka yang tadi bisa mengatasi takut yang selalu melihat dari sisi yang berbeda suatu kegagalan. Selalu melihat segala sesuatu ada alasannya dan jalan keluarnya. Selalu menganggap kegagalan adalah pil pahit yang harus ditelan, dipelajari, diterima, diatas dan dicari solusi . Kegagalan adalah pengalaman terbaik. Yes ..setuju sekali. Tetapi Kegagalan adalah pengalaman yang juga harus diantisipasi bukan dihindarkan, sehingga akan membuat menjadi pengalaman yang sangat berharga.

 

 

  1. You don’t invest yourself

lazy image

Bisnis adalah sebuah perjalanan panjang yang harus selalu disupply dengan perkembangan baik ilmu, teknologi sampai dengan networking.  Sebagai pemilih bisnis wajib selalu melakukan continous improvement baik untuk usahanya ataupun untuk dirinya sendiri.

Bekali diri dengan mengikuti perkembangan dunia bisnis. Lucu jadinya disaat orang sudah mulai masuk ke dunia digital marketing, kita masih berkutat dengan marketing konvensional dan tidak mau cari tau . Salah satu tips bisnis sukses adalah selalu beradaptasi dan mengikuti perkembangan dunia bisnis pada umumnya dan yang khusus pada produk kita

Nah…jadi bukan harus punya warisan bisnis keluarga atau uang banyak khan yang menentukan kesuksesan kita? Uang dan warisan semua bisa habis, tapi dengan mental dan kegigihan kita maka jalan kesuksesan akan menjadi milik kita,,,hanya masalah waktu yang akan menentukan

 

“ I’am stranger because I had to be, I’am smarter because of my mistakes,Happier because of the sadness I’ve known And now wiser because I learned”, (quote from curiano.com)

 

content source from dewanstudio

@buatwebku supported by Dewanstudio

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s